Penyebab Laptop Atau PC Menjadi Lambat Dan cara mengatasinya

 Hardware, Komputer, Teknologi

Penyebab Laptop Atau PC Menjadi Lambat Dan cara mengatasinyaPenyebab Laptop Atau PC Menjadi Lambat Dan cara mengatasinya – Apakah anda sering mendapati laptop atau PC anda terlihat lambat yang membuat anda sering geram, karena loading start-up laptop saja sangat lama sekali ? bukan lagi start-up ketika sudah masuk ke windows anda mendapati   laptop lambat sekali membuka atau menjalankan sebuah aplikasi, padahal kinerja laptop tidak seperti itu ketika pertama kali anda beli atau selama ini anda pakai.

Nah, ada beberapa yang menyebabkan laptop atau PC menjadi lambat prosessingnya atau loadingnya, walau memang sangat dipengaruhi oleh spesifikasi dari mesin laptop itu sendiri, tapi faktor lain terkadang menjadi permasalahan utama. Walau laptop memiliki processor cukup tinggi dan RAM yang besar tapi kalau beberapa dari bagian ini anda hiraukan maka jelas laptop anda bisa menjadi sangat lambat dan menjengkelkan.

Beberapa penyebab laptop menjadi lambat dan inilah cara mengatasinya

  • Ketahuilah spesifikasi dari laptop anda terlebih dahulu, misalkan processor anda hanya 1 GB dan RAM anda hanya 225 MB saja, tapi anda paksa menjalankan aplikasi seperti game yang terbilang cukup berat, atau anda menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tanpa menutupnya satu persatu tapi membiarkannya berjalan pada task manager, jelas ini akan berpengaruh, kelebihan beban yang akan dijalankan akan menyebabkan laptop atau komputer anda menjadi lambat bahkan Hang.
  • Perhatikanlah program yang ada pada Start-Up, bagian ini terkadang sering diabaikan oleh banyak pengguna laptop atau PC, diakibatkan banyak program yang berjalan pada saat komputer Start-Up bukan tidak mungkin perangkat anda sangat lamban, program yang berjalan di bagian ini biasanya driver printer, antivirus, dan program updater lainnya.
  • Perhatikanlah antivirus anda, dengan dalih agar komputer lebih aman lantas anda memasang lebih dari satu antivirus, hal ini juga sangat mempengaruhi kecepatan komputer dalam menjalankan aplikasi, karena setiap antivirus selalu berjalan dan melakukan aktivitasnya selama anda menghidupkan laptop atau perangkat anda, dan bayangkan jika anda memasangi 2, 3 atau bahkan sampai 5 antivirus, dan semua antivirus berjalan terus, coba anda pikirkan hal ini, maka lebih baik memasang satu antivirus saja tapi bermutu.
  • Virus, coba anda perhatikan perangkat anda adakah virus yang bersarang didalamnya ? mungkin anda bisa melakukan scanning dengan antivirus anda, pada umumnya jika laptop atau PC sudah terserang parah oleh virus maka layarnya saja akan terlihat tidak normal lagi, jika sudah seperti ini, lebih baik anda install ulang dan mungkin masalah itu akan beres.
  • Perangkat laptop atau PC anda terlalu panas, mungkin anda sudah tahu setiap perangkat bisa saja panas, pada umumnya laptop sangat mudah panas dan bila panas maka performa dalam menjalankan sebuah aplikasi akan terpengaruh pastinya. Jika memang karena terlalu panas maka lebih baik anda hentikan dulu dan biarkan mendingin sebentar baru anda gunakan lagi perangkat anda, jika memang perangkat mudah sekali panas maka tidak ada salahnya jika anda menambah pendingin kepada mesin atau semacamnya.
  • Mungkin Perangkat anda mengalami kerusakan pada bagiannya, ini adalah sebuah kemungkinan, bila saja perangkat anda pernah terbentur atau terjatuh atau mungkin spareparts anda sudah tua, mungkin itulah penyebabnya, mungkin fungsi operasionalnya sudah cukup tua, maka lebih baik anda ganti yang baru.
  • Jika perangkat anda masih tetap seperti itu, ada baiknya anda membawa perangkat anda ke tempat servisnya.
Itulah beberapa penyebab laptop atau PC anda menjadi lambat, membaca dan memahami penyebabnya mungkin anda sudah tahu bagaimana cara mengatasinya. Mudah-mudahan beberapa penyebab komputer atau laptop lambat ini bisa membantu anda.

Author: 

Berbagi pengalaman dan pengetahuan untuk manfaat kita bersama, Mari bersama saya Berkontributor dalam memajukan situs bangsa ini

Related Posts

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...