Cara Upgrade Windows 8.1 untuk Pengguna Windows

Cara Upgrade Windows 8.1 untuk Pengguna WindowsAkhirnya, Microsoft merilis versi update dari sistem operasi terbarunya, Windows 8.1 pada tanggal 17 Oktober 2013 lalu. Sistem operasi yang diperkenalkan pada bulan Mei 2013 ini, akan menjadi generasi penerus Windows 8 yang diluncurkan setahun yang lalu. Para pengguna Windows pun sekarang sudah bisa melakukan upgrade Windows 8.1 ini. Bahkan, bagi pengguna Windows 8 bisa men-download-nya secara gratis dengan mudah.

Berdasarkan pernyataan yang disampaikan pihak Microsoft, khusus bagi pengguna Windows 8 akan mendapatkan notifikasi di Windows Store untuk melakukan upgrade Windows 8.1. Meskipun sekilas tampilan sistem operasi terbaru ini tidak banyak berbeda dengan Windows 8, tapi Windows 8.1 sudah dibekali dengan berbagai fitur tambahan yang lebih baik. Berikut ini cara meng-upgrade-nya mulai dari pengguna Windows 8, 7, Vista, hingga XP.

  • Windows 8

Versi update Windows 8.1 ini membutuhkan ruang penyimpanan yang agak besar, yaitu sekitar 3 GB. Kemudian, sebelum melakukan upgrade sistem operasi ini, pastikan juga Anda sudah mem-back up data dan meng-update driver pada komputer Anda terlebih dahulu. Selanjutnya, masuk ke Microsoft Store, menu Charms, pilih Setting, klik Your Account, dan klik Sign In. Kemudian, masuk ke Windows Store, dan pilih Update to Windows 8.1 dor free.

 

Jika pilihan update secara otomatis itu tidak tersedia, maka terlebih dahulu Anda harus melakukan update Windows Patch, dengan cara memilih Change PC Setting di menu Setting, dan kemudian klik Windows Update. Lalu, lakukan instalasi untuk meng-update patch, dan restart komputer Anda. Dalam beberapa percobaan, kemungkinan besar download Windows 8.1 tidak langsung muncul, karena Microsoft butuh waktu untuk mengirimkan update-nya.

Satu hal yang harus diingat, download gratis Windows 8.1 ini hanya tersedia untuk para pemilik lisensi resmi Windows 8. Jadi, jika Anda memiliki versi bajakan, dipastikan akan tidak melakukan upgrade secara otomatis. Selain itu, pengguna Windows 8 Enterprise Editions dan Windows 8 Pro yang diaktivasi melalui server KMS, juga tidak bisa melakukan update secara gratis ke Windows 8.1 melalui Windows Store.

  • Windows 7

Apabila Anda menggunakan Windows 7, maka Anda harus membeli software untuk bisa meng-upgrade-nya ke Windows 8.1. Sistem operasi ini bisa dibeli secara online dengan mendapatkan digital download, atau membeli kepingan DVD-nya. Harganya sendiri, untuk Windows 8.1 Home senilai 119,99 dolar AS atau sekitar Rp 1,3 juta, sedangkan versi Pro dibanderol 199,99 dolar AS atau mencapai Rp 2,2 juta.

Setelah itu, pastikan bahwa komputer Anda memiliki prosesor 1 GHz, kartu grafis DirectX 9, serta RAM 1 GB untuk 32 bit dan 2 GB untuk 64 bit. Kemudian, untuk meng-upgrade-nya, dilakukan melalui fitur Upgrade Assistant Microsoft. Sayangnya, hanya file personal Anda saja yang bisa terbawa ke sistem operasi baru ini. Berbeda saat meng-upgrade dari Windows 8, dimana setting-an Windows dan aplikasi yang sudah ada sebelumnya juga tetap aman.

  • Windows Vista dan XP

Hebatnya, pengguna Windows Vista dan XP juga bisa meng-upgrade Windows 8.1 ini. Hanya saja, prosesnya sedikit agak lebih repot, karena instalasi tidak bisa dilakukan secara online, melainkan harus menggunakan keping DVD. Dalam kata lain, bagi Anda yang memakai sistem operasi Windows Vista dan XP, harus melakukan instal ulang jika ingin melakukan upgrade ke Windows 8.1. Jadi, Anda juga harus menyisihkan uang untuk membelinya.

Sama seperti saat meng-update-nya dari Windows 8 dan 7, Anda juga disarankan untuk menyelamatkan data-data personal yang ada di komputer Anda terlebih dahulu. Karena proses instalasinya ini dilakukan dengan cara instal ulang, maka data-data tersebut bisa saja terhapus jika tidak diamankan. Sedangkan, setting­-an Windows dan aplikasi yang ada sebelumnya, dipastikan akan terhapus saat upgrade ke Windows 8.1 ini dilakukan.

Nah, setelah melakukan upgrade Windows 8.1, Anda pun sudah bisa menikmati sejumlah fitur anyar dari sistem operasi ini. Perubahan mencolok yang terlihat, seperti munculnya kembali tombol Start yang sempat dihilangkan pada Windows 8 dan diganti dengan menu Start ala Windows Phone. Selain itu, Anda juga bisa melakukan booting dengan cara tradisional dalam mode Desktop, dan masih banyak fitur baru lainnya. Silahkan dicoba!

author
Berbagi pengalaman dan pengetahuan untuk manfaat kita bersama, Mari bersama saya Berkontributor dalam memajukan situs bangsa ini